PENGUKURAN KUAT PENCAHAYAAN MENGGUNAKAN LUXMETER


PENGUKURAN PENCAHAYAAN
Image result for gambar luxmeter
Setiap hari manusia terlibat pada suatu kondisi lingkungan kerja yang berbeda-beda dimana perbedaan kondisi tersebut sangat mempengaruhi terhadap kemampuan manusia. Manusia akan mampu melaksanakan kegiatannya dengan baik dan mencapai hasil yang optimal apabila lingkungan kerjanya mendukug. Salah satunya adalah penerangan yang baik. Di beberapa tempat kerja telah membuktikan bahwa  penerangan memberikan dampak positif seperti peningkatan produksi yang maksimal, tersedianya barang dan jasa, serta perluasan lingkungan kerja.
Laboratorium adalah salah satu tempat kerja yang digunakan untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan seperti riset ilmiaheksperimenpengukuran ataupun pelatihan ilmiah yang dilakukan secara terkendali. Laboratorium ini tentu membutuhkan penerangan yang baik, agar kegiatan yang dilakukan didalamnya dapat berjalan lancar.
Penerangan yang baik yaitu penerangan yang memungkinkan kita dapat melihat obyek yang dikerjakan secara jelas, cepat dan tanpa upaya yang tidak perlu, berikut hal-hal yang menentukan penerangan yang baik, antara lain:
·         Pembagian luminensi dalam lapangan penglihatan
·         Pencegahan kesilauan
·         Panas penerangan terhadap keadaan lingkungan
·         Arah sinar
·         Warna
Penerangan yang buruk yaitu penerangan dimana kita kurang dapat melihat objek yang dikerjakan secara tidak jelas dan memungkinkan dibantu oleh alat Bantu penglihatan. Pengaruh yang mengakibatkan penerangan yang buruk, antara lain:
·         Kelelahan mata
·         Kelelahan mental
·         Kerusakan alat penglihatan
·         Keluhan pegal disekitar mata
·         Bertambahnya kecelakaan
Selanjutnya pengaruh kelelahan pada mata tersebut akan bermuara pada penurunan performansi kerja, termasuk kehilangan produktivitas, kualitas kerja rendah, banyak terjadi kesalahan dan kecelakaan kerja meningkat.
Tingkat pencahayaan dapat diukur dengan menggunakan alat Lux Meter. Lux meter merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur kuat atau lemahnya cahaya yang terdapat pada suatu ruangan atau tempat tertentu.

A.     PENGUKURAN KUAT CAHAYA
1.       DI MEJA BELAJAR
PERCOBAAN
HASIL
1
137
2
138
3
136

2.       DI KAMAR MANDI
PERCOBAAN
HASIL
1
145
2
146
3
144

3.       DI TEMPAT TIDUR
PERCOBAAN
HASIL
1
142
2
141
3
143

4.       DI DAPUR KOSAN
PERCOBAAN
HASIL
1
148
2
146
3
147

            Pada dasarnya pengukuran cahaya pada suatu ruangan atau tempat sangatlah penting agar kita dapat mengetahui seberapa kuat sumber cahaya memberi pencahayaan yang cukup kepada kita untuk melihat sesuatu dengna menggunakan mata. Pencahayaan yang kurang dari standar yang telah ditentukan dapat merusak mata atau dapat membuat mata kita kabur (tidak dapat melihat dengan jelas) karena kurangnya pencahayaan yang di tengkap oleh mata kita sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

Pendekatan Ekspository dan Heuristik

“MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF”